Sunday, October 23, 2016

Tips Meningkatkan Konsentrasi

Sebagian siswa ada yang dapat berkonsentrasi lama tetapi ada pula yang tidak bahkan tidak seikit siswa yang stres karena tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.Sekalipun begitu,kita pasti bisa berkonsentrasi apa yang kita minati.kita juga dapat berkonsentrasi bila kita bersungguh-sungguh untuk berkonsentrasi.Oleh karena itu kita harus berusaha agar apa yang kita lakukan bisa direspon oleh otak.Adapun tips supaya dapat  meningkatkan konsentrasi yaitu:

  • Hindari stres
Ketika kita merasa tertekan dan stres.otak akan mengeluarkan hormon stres yang dapat mengganggu kemampuan otak dalam berkonsentrasi.
  • Tidur
Tidur adalah salah satu cara untuk menghilangkan sters dengan tidur kita dapat menenagkan pikiran dan menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas.
  • Mengerjakan tugas satu persatu saat waktu luang
Dengan mengerjakan tugas satu persatu dalam waktu luang kita dapat terhindar dari stres.karena,jika kita sudah mengerjakan tugas satu persatu kita tidak akan melihat bahwa tugas kita banyak dan sebaliknya jika kita mengerjakan tugas sekaligus dalam satu waktu kita merasa bahwa tugas yang kita miliki sangat banyak dan hal itu dapat mengakibatkan stres.
  • Istirahat
Jangan pernah memaksakan tubuh dan otak untuk bekerja keras karena hal ini dapat menyebabkan kita sakit.oleh karena itu,pada saat beraktivitas kita harus meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat setidaknya luangkan wakut 3-5 menit per 60 menit untuk beristirahat.
  • Mengkonsmsi makanan sehat
Banyak Jenis makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur mayur merupakan sumber makanan bergizi bagi kebutuhan sel otak. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi setidakya 6 jenis makanan sehat setiap harinya, termasuk juga cemilan sehat. Rasa lapar yang berdampak pada produksi gula darah, juga dapat menghalangi kemampuan anda dalam berkonsentrasi.
  • Berolahraga
Para peneliti mengugkapkan bahwa individual yang rajin melakukan aktivitas olahraga lebih mudah memfokuskan diri serta memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan atau berlari menaiki dan menuruni tangga. Terlalu lama berada di depan komputer tidak akan membuat anda fokus terhadap suatu pekerjaan. Melatih otak dan tubuh adalah hal yang dapat membuat anda lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.

No comments:

Post a Comment